PANGGONAN

Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan



A.   Definisi
Kualitas kehidupan kerja membahas masalah frustasi, kebosanan, marah, dan lain-lain yang berpengaruh pada biaya individu dan organisasi. Sebenarnya konsep kualitas kehidupan kerja merupakan sebuah filsafat yang dikembangkan berdasarkan gerakan demokrasi industri di negara maju. Filsafat ini menyoroti hubungan diantara manajemen, pekerja dan organisasi. Suatu kondisi atau keadaan karyawan yang berhubungan dengan organisasi/perusahaan.
Davis juga mengungkapkan bahwa kualitas kehidupan kerja mengacu kepada keadaan menyenangkan atau tidak menyenangkan lingkungan pekerjaan bagi karyawan. Tujuan utama penerapan QWL adalah pengembangan lingkungan kerja yang sangat baik bagi karyawan dan juga produksi. Fokus utama kualitas kehidupan kerja adalah lingkungan kerja dan semua pekerjaan di dalammya harus sesuai dengan orang-orang dan teknologi.

B.            Karakteristik Kualitas Kehidupan Kerja
Sebuah lingkungan kerja yang dapat disebut memiliki kualitas kehidupan kerja yang baik memiliki beberapa karakteristik seperti di bawah ini Wibowo (2009):
a)      Pekerja berpeluang mempengaruhi keputusan.
b)      Pekerja berpartisipasi dalam pemecahan masalah.
c)      Pekerja mendapatkan informasi lengkap tentang pengembangan dalam organisasi
d)     Pekerja mendapatkan umpan balik bersifat konstruktif
e)      Pekerja senang menjadi bagian dari tim dan meningkatkan kolaborasi
f)       Pekerja merasa bahwa pekerjaannya bermakna dan menantang
g)      Pekerja merasakan adanya keamanan kesempatan kerja
Sedangkan Walton memberikan delapan kriteria kualitas kehidupan kerja, yaitu:
1)             Kecukupan dan keadilan kompensasi
2)             Keamanan dan kesehatan kondisi kerja
3)             Kesempatan menggunakan dan mengembangkan kemampuan karyawan
4)             Kesempatan di maa depan untuk melanjutkan pertumbuhan dan keamanan seperti promosi, jenjang akrir, dan pengembangan pengetahuan
5)             Integrasi sosial dalam organisasi kerja,
6)             Undang-undang di tempat kerja,
7)             Lingkup kerja dan kehidupan total
8)             Relevansi sosial kehidupan kerja
Tidak jauh berbeda dengan Cascio (20003), memberikan sembilan indikator kualitas kehidupan kerja, yaitu:
1.      Partisipasi karyawan
Yang dimaksud dengan partisipasi  adalah keterlibatan mental dan emosional orang-orang dalam situasi kelompok yang mendorong mereka untuk memberikan konstribusi kepada tujuan kelompok dan berbagai tanggung jawab pencapaian tujuan itu.
2.      Penyelesaian konflik
Menurut Robbins (2003) bahwa konflik merupakan suatu proses yang bermula ketika satu pihak merasakan bahwa pihak lain telah mempengaruhi secara negatif, sesuatu yang menjadi keperdulian pihak pertama. beberapa hal yang dapat dilakukan oleh anggota organisasi/perusahaan dalam menyelesaikan konflik adalah (1) keterbukaan, (2) proses penyampaian keluaran secara formal, dan (3) pertukaran pendapat (Cascio 2003).
3.      Komunikasi
Komunikasi sangat penting perannya dalam hubungan di dalam organisasi, baik antar rekan kerja atau juga dengan pimpinan. Proses komunikasi yang baik melibatkan para komunikator, dalam hal ini para bawahan ke atasan atau sebaliknya.
4.      Kesehatan kerja
Dalam Pasal 86 ayat (1) huruf (a) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang kesehatan kerja merupakan salah satu hak pekerja atau buruh untuk itu pengusaha wajib melaksanakan secara sistematis dan terintergrasi dengan sistem manajemen perusahaan. Upaya kesehatan kerja bertujuan untuk melindungi pekerja atau buruh guna mewujudkan produktivitas kerja yang optimal, dengan cara pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja, pengendalian bahaya ditempat kerja, promosi kesehatan, pengobatan, dan rehabilitasi (Santoso, 2004).

5.      Keselamatan kerja
Penting pula diperhatikan oleh perusahaan bahwa faktor keselamatan kerja harus mendapat perhatian serius dari semua pihak. Menurut Cascio (2003), keselamtan kerja yang dilaksanakan oleh perusahaan yaitu : (1) komite keselamatan, (2) tim penolong gawat darurat dan (3) program keselamatan kerja (seperti asuransi kecelakaan).
6.      Keamanan kerja
Keamanan disini maksudnya bahwa karyawan  akan dapat bekerja dengan perasaan yang tenang, karena tidak terancam oleh PHK secara sepihak dari perusahaan. Oleh karena itu harus ada kesepakatan antara pihak terkait mengenai gaji, kontrak kerja dan sebagainya.
7.      Kompensasi yang layak
Kompensasi merupakan sebuah komponen penting dalam hubungannya dengan karyawan. Kompensasi meliputi bentuk pembayaran tunai langsung, pembayaran tidak langsung dalam bentuk manfaat karyawan, dan insentif untuk memotivasi karyawan agar bekerja keras untuk mencapai produktivitas yang semakin tinggi (Mankuprawira 2009).
8.      Kebanggaan
Rasa bangga karyawan atas pekerjaan dan juga tempat bekerja dapat membuat mereka betah dan merasa nyaman untuk bekerja dengan baik. Rasa ikut “memiliki” perusahaan dapat timbul bila karyawan bangga akan tempat kerja dan pekerjaannya.
9.      Pengembangan karir
Perusahaan perlu mengelola karir dan mengembangkannya dengan baik supaya produktivitas karyawan tetap terjaga dan mampu mendorong karyawan untuk selalu melakukan hal yang terbaik dan menghindari frustasi kerja yang berakibat penurunan kinerja perusahaan.


  1. Persyaratan Implementasi Kualitas Kehidupan Kerja yang Baik
Menurut Cascio (2003) untuk merealisasikan QWL secara berhasil diperlukan beberapa persyaratan, sebagai berikut :
1. Manajer seharusnya menjadi seorang pemimpin yang baik dan dapat menjadi pembimbing bagi karyawannya.
2. Keterbukaan dan kepercayaan, merupakan persyaratan utama dalam penerapan QWL.
3. Informasi yg berkaitan dengan kegiatan dan manajemen harus diinformasikan kepada karyawan dan saran-saran dari para karyawan harus diperhatikan secara serius.
4. QWL harus dilakukan secara berkelanjutan mulai dari proses pemecahan masalah hingga membentuk mitra kerja antara manajemen dengan karyawan.
5. QWL tidak dapat dilaksanakan secara sepihak oleh manajemen saja, malainkan peran serta seluruh karyawan perlu ditingkatkan