Beberapa faktor di luar perusahaan
akan mempercepat pengembangan dan usaha memperkenalkan produk baru, factor-faktor
pendukung ini antara lain :
· Kemajuan
dalam tekhnologi
Semakin mudahnya perusahaan mengelola sistemnya dengan
menggunakan peralatan yang bertekhnologi modern maka perusahaan lebih banyak
mendapatkan keuntungan dalam kecepatan memproduksi, akurasi yang menunjang dari
segi kualitas produk yang dihasilkan. (Orang digantikan dengan Mesin-mesin
berat).
·Perubahan
dalam kebutuhan konsumen .
Konsumen semakin dihadapkan dengan segala hal yang mudah
atau instant, maka semakin dituntut pula sebuah perusahaan untuk segera
menunjukkan segala macam strategi pada produk mereka agar mampu mengambil alih
perhatian pasar. ( Kemasan makanan yang instant).
·Hidup
Produk yang sangat pendek
.Dikarenakan faktor kemajuan tekhnologi dan permintaan
konsumen yang semakin variatif jelas di sini akan menyebabkan umur produk akan
cepat bermetamorfosis. Jika tidak maka produk tersebut dengan sendirinya akan
segera hilang dari pasaran yang tentunya berakibat buruk pada branding atau
imej perusahaan itu sendiri.
( TV, Phone Cell dan lain-lain)
.
·Meningkatnya
persaingan pasar international
Persaingan semakin banyak maka
penjual akan semakin kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Prinsip itu
tentunya telah berlaku jika telah menurunkan factor-faktor tersebut diatas.
Satu-satunya jalan adalah mereka harus segera menciptakan model atau trend
pasar yang sangat berbeda dari yang sudah ada.( Persaingan Perusahaan mobil). Pada
waktu yang sama, faktor di luar dan didalam perusahaan juga dapat menghambat
pengembangan produk di masa yang akan dating. Dari luar factor-faktornya antara
lain ;
·Semakin
tingginya biaya Modal
Bahan baku yang semakin sulit didapatkan, bahan baku yang
berkualitas akan menentukan hasil produk sebuah perusahaan yang mana kan
berdampak kepada kepusan pelanggan dan loyalitas terhadap produk. Namun hal ini
semakin sulit mengingat ketatnya kompetisi dalam memperebutkan lahan dan modal.
·Peraturan-peraturan
Pemerintah
Pajak yang tinggi, Undang-undang Hak cipta, Izin
pengembangan Produk yang sangat bertele-
tele akan menyebabkan sebuah perus ahaan untuk mengurungkan
niat melanjutkan proses produk yang sudah berupa model.
·Biaya
tenaga kerja yang mahal
Tekhnologi dan SDM yang berkembang seiring kemajuan jaman
tentunya akan semakin dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendapatkan ide dan
kualitas barang yang prestisius. SDM tersebut akan didapatkan oleh perusahaan
setelah melalui berbagai macam seleksi dan akan terekruit dengan biaya gaji
yang mahal.
Dari dalam ; kurangnya perhatian pada orientasi produk baru,
ini tercermin dari riset pemasaran yang tidak memadai, keterlambatan dalam
memutuskan produk baru, dan kekurangan dalam strategi produk baru.
Faktor-faktor lain
;
Selama beberapa tahun ini konsumen menjadi semakin selektif
dalam memilih produk karena pendapatan konsumen makin meningkat dan juga karena
makin banyaknya produk, keinginan konsumen hampir terpuaskan sepenuhnya.
Kelompok berpendapatan menengah biasanya merupakan kelompok yang telah cukup
dalam kebutuhan Primernya. Dalam periode pertama, mereka membeli produk untuk
pamer terhadap tetangga. Pada waktu mereka membuktikan bahwa mereka telah mampu
memiliki rumah serta dua mobil mereka lalu memasuki periode kedua. Jika
kejenuhan pasar , dalam kuantitas timbul, maka konsumen akan lebih selektif
dalam menilai produk baru. Bila konsumen mulai selektif, pasar akan mulai
dibanjiri dengan produk-produk berkualitas instansi atau produk yang hampir
serupa dengan yang ada.